Masa Lalu. Sekarang. Masa Depan

Seorang manusia berusaha berlari dan berpacu dengan waktu. Dengan langkahnya yang kecil ia mencoba melawan sang waktu. Namun, waktu berjalan dengan kakinya yang cepat semakin jauh meninggalkan manusia. Langkah-langkah kecil itu terasa sangat lamban, walau sekeras apapun usaha manusia.

Manusia yang tertinggal di belakang terlambat menyadari bahwa pandangan depan yang sebelumnya dilihat oleh kedua matanya, kini telah berubah saat dilewati sang waktu. Pemandangan itu tak lagi sama. Semuanya berubah berbeda setelah dilewati waktu. Semakin seksama diperhatikannya, semakin membuncah emosi yang ia rasa.

Manusia tak menyukai perubahan itu. Ia menginginkan imaji yang dulu ia lihat!

Langkah demi langkah yang manusia lalui, pikirannya hanya tertuju pada bayangan dulu. Sedangkan kakinya bergerak sendiri tanpa diatur, tetap mengejar waktu. Tak peduli seberapa panjang jalan yang ia lalui, hati dan pikirannya tak lagi satu. Ia tenggelam dalam bayang nostalgis masa lalu.

Waktu yang menyadari telah terlalu jauh meninggalkan manusia, mulai memperlambat lajunya. Jarak demi jarak berhasil dipangkas oleh kerja tanpa henti kaki manusia. Manusia yang masih tenggelam dalam lamunan tidak merasakan hal itu. Pikirannya masih tersibukkan dengan bayang.

Tak lama, manusia semakin mendekati waktu. Ia dan waktu yang dulu berjarak sangat jauh, kini hanya berbeda tak kurang dari sejengkal tangan. Walaupun begitu, manusia tetap tidak sadar. Ia hanya membiarkan kakinya berlari.

Waktu yang melihat manusia di dekatnya mulai membiarkan manusia melewati dirinya. Ia lalu berhenti. Manusia tetap berlari dan berlari. Waktu menatap dalam diam. Tatapannya penuh rasa iba sambil berkata,”Mengapa pikiranmu hanya tersita pada hal yang telah berlalu? Sampai-sampai kau tak menyadari apa yang terjadi kini.”

Waktu kemudian beranjak meninggalkan manusia itu. Akhirnya manusia berlari sendirian dalam dimensi tanpa ditemani waktu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s