Kontrol atau Kendali?

Pada kuliah minggu lalu, ada satu hal yang sangat menarik diperbincangkan oleh dosen saya. Hal yang diperbincangkan sebenarnya sangat sederhana yaitu tentang penggunaan kata kontrol dan kendali.

Asal kata kontrol dan kendali sebenarnya sama berasal dari bahasa Inggris yaitu control. Kata control memang terjemahannya bisa berarti kendali, namun di dalam teori kontrol (control theory), pemakaian kata kendali masih belum pas.

Dalam teorinya, kontrol didefinisikan lebih luas daripada kendali. Kontrol terhadap suatu sistem dapat berupa regulation, tracking, servo, dan command-following. Beda semua definisi kontrol tersebut terdapat pada set point masing-masing. Regulation mempunyai set point yang tetap, sedangkan set point pada tracking berubah-ubah sesuai fungsi waktu. Pada command-following, variabel sistem dibuat mengikuti keluaran yang diinginkan. Servo dan command-following pada prinsipnya hampir sama namun fungsi pada command-following lebih sederhana. Kata kendali sendiri sebenarnya lebih cocok dikaitkan dengan konsep servo. Jadi dapat dipahami kan sebenarnya penggunaan kata yang lebih tepat itu kontrol, bukan kendali. 🙂

Hal yang sama pun terjadi pada kata robustRobust adalah suatu konsep teori kontrol yang terkenal dengan kehandalannya terhadap ketidakpastian sistem. Banyak yang beranggapan robust dapat digantikan dengan kata tegar/kokoh dalam bahasa Indonesia, padahal (sekali lagi) itu kurang pas juga. Robust itu seperti tegar namun memilik kefleksibelan di dalamnya. (lain kali akan saya coba bahas lebih mendalam.. 😀 )

Sebenarnya saya tidak ingin membuat bingung sih.. hehe  Cuma beranggapan saja, tidak selamanya kata-kata dalam bahasa Inggris yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi tepat. Adakalanya kata asing (tidak cuma bahasa Inggris ya..) tersebut lebih baik diserap dan dilakukan penyesuaian dengan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar. Sering terjemahan yang kurang pas membuat kita semakin kurang memahami maksud yang terkandung di dalamnya.

Jadi mulai sekarang gunakan kata kontrol ya.. haha

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s